Senin, 25 Februari 2013

Tugas 2 : Pengertian Windows dan perbedaan antara shutdown, restart dan sleep


Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik GUI (Graphical User Interface).
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.


Biasanya didalam sistem operasi windows, disediakan 3 pilihan untuk menentukan keadaan komputer (computer state), yaitu :
•    STANDBY
•    SHUTDOWN
•    SLEEP
Hanya saja tidak semua orang tahu keadaan apa yang terjadi pada komputer ketika kita memilih salah satu dari tiga pilihan diatas. Berikut akan dijelaskan perbedaan antara ke-tiga pilihan diatas :

STANDBY
Ketika kita memilih Menu ini, Windows akan membuat keadaan komputer dalam keadaan Hemat Energi. Hemat energi disini maksudnya adalah, komputer dinyalakan dengan menggunakan Listrik Seminim Mungkin. Hal yang biasa terjadi ketika komputer dalam keadaan Standby adalah monitor dalam keadaan mati (tidak menampilkan gambar). Pada keadaan Standby komputer menunggu respon dari USER agar kembali seperti semula atau kembali ke keadaan normal. Responnya diantara lain adalah gerakan Mouse dan Akses Keyboard (kita menekan tombol dikeyboard)

SHUTDOWN
Pilihan Shutdown sepertinya semua orang sudah tahu fungsi dan apa yang terjadi pada komputer kita, jika kita memilih pilihan ini. Komputer akan mati (off) ketika kita memilih Shutdown. Semua memory volatile akan hilang karena tidak ada listrik yang menyala (contohnya RAM).

SLEEP
Komputer akan tertidur saat anda menggunakan tombol Sleep, windows akan menyimpan semua aktifitas di dalam RAM dan berjalan dengan Power yang sangat kecil dan dapat dihidupkan dalam beberapa detik saja. Sleep bisa berjalan jika masih ada battere dan jika batterenya mau habis maka komputer akan bangun dan masuk ke Hibernate mengcopy semua aktifitas RAM ke dalam Hardisk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar